Karakteristik Desain Renovasi Rumah Modern Minimalis

Saat ini, banyak orang yang tertarik melakukan renovasi rumah modern dengan mengusung desain minimalis. Filosofi gaya hidup malinimalis itu sendiri memang kian populer di kalangan masyarakat. Arsitektur rumah modern minimalis ini terbilang sederhana dalam bentuk, detail, ruang, warna, dan material. Desain ini juga memerlukan ketelitian dan kehati-hatian dalam menata ruang menjadi lebih fungsional.

Meski begitu, nampaknya masih banyak orang yang belum sempurna memahami rumah minimalis modern yang sebenarnya. Sebagian orang menganggap bahwa arsitektur ini hanya sebatas rumah sempit berwarna putih yang memiliki perabotan sederhana. Sehingga terkadang saat seseorang melakukan renovasi sekali pun, desain akhirnya tetap seperti itu juga. Padahal sebenarnya, dibutuhkan konsep lebih dari itu demi menciptakan desain modern minimalis yang sempurna.

Desain rumah modern minimalis ini dianggap mewakili gaya hidup sebagian besar masyarakat urban yang menyukai kesederhanaan, kepraktisan, tetapi tak juga lekang oleh waktu. Bagi anda yang ingin renovasi sebuah rumah, anda bisa memulainya dengan membuat denah rumah modern yang minimalis agar lebih mudah dalam merencanakan anggaran dan proses pembangunan berjalan efisien. Berikut ini adalah beberapa karakteristik umum yang biasa digunakan dalam desain renovasi rumah modern.

Kesederhanaan dalam bentuk dan fungsi

Rumah modern memiliki tata ruang yang sederhana, efisien, dan mudah dieksekusi. Hal tersebut yang membuat rumah dengan desain tersebut tidak rumit saat direnovasi. Ciri khas denah renovasi rumah dengan modern minimalis adalah seperti berikut :

– Mengusung tampilan sederhana

– Denah lantai terbuka

– Interior dinding sederhana

– Are apenyimpanan minimalis

– Penekanan pada pemandangan dan pencahayaan natural

– Selain itu, rancangan renovasi rumah modern minimalis ini dibuat dari dalam terlebih dulu sehingga bentuk luar rumahnya akan mengikuti bagaimana bagian dalamnya.

Tampilan finishing dan cladding yang sederhana

Penggunaan material cladding sederhana untuk eksterior dapat memberikan tampilan lebih menarik pada rumah. Pasalnya dalam setiap material tekstur dan karakteristik yang tidak sama. Cladding itu sendiri merupakan struktur  eksterior bangunan yang dipasang di dinding luar sebagai finishing. Cladding tersebut berfungsi sebagai kerangka struktur utama eksterior bangunan. Cladding pun memiliki dual fungsi, yaitu sebagai elemen yang memberi tampilan pada bangunan, juga sebagai proteksi bangunan yang tidak mudah tersentuh polusi dari luar yang mungkin akan mengakibatkan struktur bangunan eksterior yang mudah rusak. Meski memang sejatinya caldding tidak 100% tahan air atau angin, tetapi minimalnya Cladding tetap diperlukan dalam penambahan style eksterior sebuah bangunan.

Ruangan yang bersih, terbuka, dan penuh cahaya

Saat akan melakukan renovasi rumah modern, buatlah denah dengan lantai terbuka yang memiliki pencahayaan natural memasuki dapur dan keluarga. Di sana Anda juga bisa memberi sentuhan warna lembut pada dinding, detail yang modern, ruang yang rapi, dan sedikit warna pop. Ada pun untuk membuat ruangan sedikit bernafas adalah dengan membatasi furnitur dan aksesoris. Serta didukung dengan cahaya natural dari luar yang membuat ruangan semakin terasa hangat dan cozy.

Detail sederhana tanpa dekorasi

Karakteristik interior rumah modern minimalis selanjutnya terlihat dari detail perabotan dibanding bentuknya sendiri. Polusi visual dalam sebuah perabotan bisa dikurangi dengan pemilihan kabinet tanpa gagang pintu. Disamping itu, bahan yang digunakan juga akan memberi sentuhan tidak biasa pada sebuah ruangan.

Penggunaan material sesuai tekstur, selera, dan personal pemilik rumah

Suatu bangunan renovasi rumah modern biasanya di dominasi oleh kaca dan beton. Hanya saja beton seperti papan kayu memberikan tekstur yang eye catching untuk interior sebuah rumah modern minimalis. Disampingnya itu bahan-bahan rumah tersebut sangat cocok untuk orang yang memiliki kepribadian sederhana. Hal itu bisa dilihat dari sedikitnya perabotan dalam ruangan.

Ide referensi karakteristik desain renovasi rumah modern di atas bisa anda terapkan saat memiliki rencana melakukan pembangunan rumah impian. Sebelum itu pastikan juga untuk selalu menyesuaikan jumlah kamar sesuai dengan jumlah anggota keluarga. Pastikan juga fungsionalitas bangunan agar tetap memberi kenyamanan pada para penghuni rumah. Untuk menyempurnakan itu semua, anda bisa gunakan jasa renovasi 123 yang telah terbukti mampu memberikan hasil pembangunan sesuai harapan.