Hubungi Kami : 0821 2371 7878 Monday - Dec 05, 2016

Atap Baja Ringan

atapbajaringan-renovasi123

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rangka Atap Baja Ringan Untuk Mencegah Pelapukan

Penggunaan rangka atap baja ringan kini semakin diminati. Tidak hanya oleh para pengembang namun juga masyarakat kebanyakan. Rangka atap baja ringan sendiri sebenarnya merupakan hasil pengembangan dari rangka baja yang cukup keras namun memiliki bobot yang tidak ringan. Melalu beberapa proses teknologi yang cukup rumit, baja berat tersebut diubah menjadi baja ringan. Meski beratnya jauh lebih ringan dari baja biasa, namun menggunakan baja ringan sebagai rangka atap akan membuat rangka kuat dan tahan lama.

Baja yang biasa digunakan untuk membuat baja ringan adalah jenis baja cold rolled coil atau lebih dikenal dengan istilah CRC. Jenis baja ini biasanya memiliki bentuk profil seperti huruf C atau O. Sebagai baja ringan yang memiliki berat lebih ringan dari baja itu sendiri, penggunaan baja ringan untuk rangka atap sendiri banyak diragukan. Namun perkembangannya justru menunjukkan bahwa baja ringan adalah material konstruksi yang sangat kuat untuk digunakan sebagai rangka atap. Selain kuat, baja ringan juga tidak mudah lapuk sehingga banyak diminati masyarakat dalam membangun rumah hunian mereka.

Kelebihan menggunakan rangka atap baja ringan

Dibandingkan dengan penggunaan kayu, penggunaan rangka atap baja ringan banyak sekali memberikan keuntungan. Kelebihan inilah yang menjadi latar belakang seseorang lebih memilih menggunakan rangka atap baja ringan dibandingkan kayu yang jauh lebih mahal dan sulit didapatkan. Salah satu kelebihan penggunaan atap baja ringan adalah biaya perawatan yang cukup murah. Anda tidak perlu mengecat rangka atap rumah seperti yang Anda lakukan pada atap kayu. Dengan bentuk dan model asli, rangka atap baja ringan justru akan memberikan kesan modern, minimalis dan futuristik untuk rumah Anda.

Selain tidak memerlukan biaya perawatan yang mahal, rangka atap baja ringan juga banyak memiliki kelebihan lainnya saat digunakan untuk membangun rumah Anda. Berikut ini beberapa kelebihan memasang rangka atap baja ringan yang dapat menjadipertimbangan Anda sebelum memutuskan untuk menggunakan rangka atap baja ringan.
Memiliki bobot yang cukup ringan sehingga tidak membuat struktur menahan beban terlalu banyak seeprti penggunaan kayu sebagai rangka atap.

Karena terbuat dari baja, rangka atap tidak mudah terserang rayap. Selain itu rangka atap baja ringan juga material bahan yang cukup keras sehinga tidak mudah keropos terkena serangan rayap. Bahkan sifat atap baja ringan juga sangat keras sehingga tidak mudah lapuk meski terkena hujan dan paparan matahari.

Proses pemasangannya cukup cepat sehingga waktu yang dibutuhkan juga singkat. Hal ini akan menghemat biaya pemasangan rangka atap cukup banyak.

Rangka atap baja ringan tahan karat sehingga tidak mudah keropos.

Harga rangka atap baja ringan

Banyak orang beranggapan bahwa penggunaan rangka atap baja ringan membutuhkan biaya yang jauh lebih besar dibandingkan saat menggunakan rangka kayu. Hingga banyak pemilik rumah yang mengurungkan niat untuk memakai rangka atap baja ringan. Padahal penggunaan rangka atap baja ringan tidak memerlukan biaya yang mahal. Terutama bila mengingat jenis kayu terbaik untuk rangka atap tidaklah murah. Selain itu jika dikalkulasi bersama dengan biaya perawatan terus menerus yang harus Anda lakukan saat menggunakan rangka atap kayu, penggunaan rangka atap baja ringan justru jauh lebih murah.

Selama ini baja ringan disediakan dengan harga 140 hingga 300 ribu rupiah untuk setiap meter persegi luas pemasangan atap. Harga ini bukanlah harga tetap dan bisa berubah sesuai dengan ketentuan harga yang digunakan penyedia baja ringan di berbagai wilayah. Banyak pihak yang menyayangkan variasi harga rangka atap baja ringan yang berbeda-beda untuk setiap daerah. Namun bila mengingat kualitas baja yang mereka gunakan juga berbeda-beda, maka variasi harga tersebut sangat wajar. Selain itu penggunaan penutup atap atau bagian finishing atap juga menentukan ukuran dimensi baja yang digunakan. Ukuran dimensi baja akan menentukan apakah rangka tersebut cukup aman digunakan menopang penutup atap.

Penghitungan biaya pemasangan rangka atap baja ringan

Pada dasarnya penghitungan biaya pemasangan rangka atap baja ringan dilakukan oleh pihak penyedia atap baja ringan. Biasanya penghitungan biaya dilakukan dengan mengalikan luas atap untuk setiap meter persegi dan harga atap baja ringan. Jika Anda ingin membuat rangka atap baja ringan untuk atap rumah seluas 150 meter persegi sementara harga atap baja ringan adalah 200 ribu rupiah, maka biaya pemasangan yang harus Anda tanggung adalah 200.000×150 = 30.000.000. Biaya pemasangan ini dapat bertambah dengan beban ongkos tenaga pasang. Anda harus membuat kesepakatan yang jelas dengan penyedia rangka atap baja ringan sebelum pemasangan sehingga kedua belah pihak sama-sama diuntungkan.

Predefined Skins

Primary Color

Background Color

Example Patterns

demo demo demo demo demo demo demo demo demo demo