Hubungi Kami : 0821 2371 7878 Monday - Dec 05, 2016

Konstruksi Baja

konstruksi-baja-renovasi123

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bangunan Berkonstruksi Baja
Konstruksi baja dalam suatu bangunan sering sekali digunakan. Baja merupakan percampuran dari berbagai logam. Logam jenis besi sebagai dasar, kemudian dipadukan dengan beberapa elemen lainnya, seperti karbon. Dalam proses kehidupan sendiri baja digunakan oleh hampir semua industri. Industry yang biasa digunakan sehari – hari seperti perkakas, mobil, bahkan menjadi komponen utama untuk beberapa industri lain seperti infrastruktur, mesin, kapal, senjata bahkan bangunan.
Baja sebagai material konstruksi bangunan memiliki sifat fisik dan juga sifat mekanis yang dapat mempengaruhi kekuatan suatu bangunan. Dalam pembangunan modern, sudah banyak kontraktor yang menggunakan baja sebagai bahan konstruksi. Baja merupakan salah satu material yang kuat. Konstruksi untuk baja adalah bentuk kontruksi yang dibuat dari berbagai susunan batang baja yang telah disambung dengan menggunakan alat penyambung seperti las, paku keliling ataupun baut.
Bentuk Bangunan Berkonstruksi Baja
Setelah kayu tidak lagi digunakan untuk bahan bangunan, baja adalah bentuk konstruksi alternatif untuk menjadi material pada saat membuat bangunan. Karakteristik baja yang merupakan salah satu material kuat menunjukkan ketahanan serta kekuatan pada bangunan ini membuat baja menjadi pilihan yang patut dicoba. Selain memiliki ketahanan yang kuat, baja juga merupakan material berkualitas unggul. Konstruksi baja dalam pembangunan juga cukup praktis.
Pemanfaatan baja sebagai konstruksi utama ini bisa dijumpai pada bangunan – bangunan yang sekitar. Seperti dalam pembangunan jembatan, jalan raya, rel kereta api. Alasan baja menjadi pilhan material \untuk konstruksi bangunan selain karena ketahanannya yang kuat adalah rendahnya biaya pemasangan pada konstruksi baja.

Selain itu, pemasangan jembatan yang memiliki konstruksi baja bisa jadi lebih cepat dibandingkan material lain seperti beton. Proses pemasangan ini juga tidak terlalu memerlukan ruangan yang begitu besar di lokasi. Hal itu akan menguntungkan apabila pembangunan yang menggunakan material baja ini dilaksanakan di lokasi proyek yang padat dan tidak terlalu luas. Untuk pemeliharaannya sendiri, jembatan yang memiliki konstruksi baja ini bisa dibongkar dengan mudah dan dipindahkan setelah masa layan. Bagian besi menyebabkan penurunan ketahanan strukturnya karena karat juga mudah dibersihkan.

Keunggulan Baja

Tidak Dimakan Rayap
Dibandingkan dengan konstruksi kayu, tentu saja baja lebih memiliki keunggulan,salah satunya tidak akan dimakan rayap. Strukturnya yang kuat, membuat rayap tidak akan melirik ke material baja.
Bisa Didaur Ulang
Penggunaan baja dalam konstruksi pada saat pembangunan, bisa didaur ulang. Baja yang sudah menjadi bangunan bisa dengan mudah diganti dengan baja yang baru.
Lebih Kuat dan Lebih Murah
Baja masih lebih unggul bila dibandingkan dengan jenis logam lainnya. Bila dibandingkan dengan beton, baja masih lebih ringan dan lebih lentur. Bila dibandingkan dengan stainless steel, harga baja jauh lebih murah. Dan dibandingkan alumunium, baja jauh lebih kuat.
Bangunan yang memiliki konstruksi baja juga memiliki nilai ekonomis yang baik. Komponen – komponen struktur pada konstruksi baja bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya. Komponen yang sudah tidak digunakan pun masih bernilai sebagai besi tua. Dengan pemeliharaan yang baik terhadap konstruksi baja ini, akan membuat bangunan yang memiliki konstruksi baja lebih awet dan tahan lama.
Kelemahan Konstruksi Baja
Selain memiliki berbagai keunggulan dibanding jenis logam lainnya, baja juga memiliki beberapa kelemahan dalam konstruksi bangunan.beberapa diantaranya adalah :
Bisa Berkarat

Salah satunya kelemahan baja adalah bisa berkarat, namun kelemahan ini bisa diatasi dengan membersihkan material baja yang terkena karat tersebut. Walaupun untuk mencegah dan memelihara besi dari karat memerlukan biaya lain juga.
Kurang Fleksibel
Tidak seperti material berbahan kayu, yang bisa dibentuk dan dipotong dengan mudah, baja memang sedikit kurang fleksibel. Struktur baja yang kuat membuatnya tidak mudah untuk dibentuk ataupun dipotong.
Tidak Tahan Api
Sama seperti beberapa material konstruksi lainnya, material baja tidak tahan api. Apabila pernah terjadi kebakaran pada material ini, kekuatan pada baja akan menurun drastis. Baja juga merupakan konduktor panas yang baik, sehingga ini dapat memicu terjadinya kebakaran pada komponen lain. Karena itulah konstruksi baja perlu dibuat supaya tahan api sesuai dengan peraturan yang berlaku agar menghindari kebakaran.

Predefined Skins

Primary Color

Background Color

Example Patterns

demo demo demo demo demo demo demo demo demo demo