Hubungi Kami : 0821 2371 7878 Monday - Dec 05, 2016

Mekanikal Elektrikal ( ME )

mekanikal-elektrikal-renovasi123

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengenal Sistem Mekanikal Elektrikal
Banyak yang perlu diperhatikan pada saat mendirikan sebuah bangunan, selain konstruksi bangunan, juga ada sistem mekanikal elektrikal untuk menunjang fungsi dari bangunan itu sendiri. Sistem ini memiliki fungsi – fungsi tertentu yang bisa digunakan untuk memaksimalkan tujuan pembangunan. Pembangunan rumah untuk tempat tinggal tentu memiliki sistem mekanikal elektrikal yang berbeda untuk diterapkan dengan pembangunan rumah sakit. Begitu juga bangunan department store dengan apartement. Tentunya setiap bangunan memiliki sistem mekanikal elektrikal yang bisa diterapkan.
Pengertian Sistem Mekanikal Elektrikal
Idealnya suatu bangunan memiliki segala fasilitas penunjang untuk dapat melaksanakan berbagai akitivitas yang bisa dilakukan dalam bangunan tersebut. Fasilitas – fasilitas ini akan ditunjang oleh sebuah sistem mekanis dan sistem yang membutuhkan tenaga listrik sebagai daya. Sistem inilah yang disebut dengan sistem mekanikal elektrikal. Sistem mekanikal elektrikal yang diterapkan pada sebuah bangunanlah yang akan mendukung berbagai fasilitas yang berada di dalam gedung.
Setiap bangunan yang akan dibangun dengan memiliki tujuan khusus di dalamnya biasanya akan memiliki perencanaan yang matang, mulau dari struktur bangunan, konstruksi bangunan, dan mekanikal dan elektrikal. Apalagi bangunan yang akan dibangun itu akan melibatkan banyak orang di dalamnya. Seperti pembangunan mall, tentunya mall itu dibangun supaya para pengunjung banyak yang datang berkunjung. Untuk sekedar berjalan – jalan ataupun untuk menikmati segala fasilitas yang ada dalam bangunan mall tersebut. Supaya pengunjung itu merasa nyaman dan akan terus datang ke depannya, perlu diterapkan sistem mekanikal yang baik. Beberapa bentuk penggunaan sistem mekanikal elektrikal yang bisa diterapkan dalam sebuah bangunan, seperti mall.
Jaringan Komunikasi (Telepon)
Komunikasi tentu merupakan suatu hal yang penting. Jangankan untuk sebuah gedung, untuk melakukan aktivitas sehari – hari saja memerlukan komunikasi. Komunikasi yang bisa diterapkan sistem mekanikal elektrikal ini adalah komunikasi via telepon. Telepon ini bisa difungsikan untuk para pegawai dalam gedung. Untuk memudahkan berkomunikasi antar pegawai, atasan ke pegawai ataupun sebaliknya. Kadang tidak semua provider ponsel memiliki sinyal yang baik dalam gedung.

Pendeteksi dan Pemadam Kebakaran

Sistem ini berfungsi mendeteksi penyebab terjadinya kebakaran atau penyebab kebakaran. Biasanya pada masing – masing ruangan akan dipasangkan pendeteksi asap, terdeteksinya asap akan membuat alarm berbunyi dan pendeteksi itu akan mengeluarkan air dari dalamnya. Karena itu sangat disarankan untuk para perokok merokok di ruang yang sudah disediakan supaya tidak membuat panik dan mengaktifkan sensor pendeteksi kebakaran ini.
Instalasi CCTV
Closed Circuit Television atau biasa disebut CCTV ini sangat diperlukan dalam sebuah bangunan, walaupun tingkat urgensinya berbeda – beda namun sebaiknya setiap bangunan memiliki CCTV ini. Apalagi kalau fungsi bangunan itu adalah sebagai tempat untuk fasilitas umum yang bisa didatangi oleh orang – orang dari berbagai kalangan. Dalam CCTV ini bisa dilihat segala pergerakan dan aktivitas di tempat – tempat yang sudah dipasangkan instalasi ini.
Transportasi Dalam Gedung
Setiap tempat ataupun bangunan yang didesain sebagai fasilitas umum idealnya mengutamakan kenyamanan pengunjung yang datang. Untuk sebuah gedung atau bangunan bertingkat biasanya memilih eskalator/travelator ataupun lift sebagai penghubung dari lantai ke lantai. Walaupun gedung tersebut juga wajib memiliki tangga darurat untuk mengevakuasi apabila ada kecelakaan atau bencana, sebaiknya tidak menggunakan tangga untuk penghubung utama dalam gedung bertingkat.
Ventilasi dan Air Conditioning
Dalam suatu bangunan yang dapat menampung banyak orang di dalamnya. Suatu bangunan memerlukan sirkulasi udara yang baik untuk menjaga para pengguna gedung supaya tetap bisa menghirup udara dengan baik. Apabila sirkulasi udara dalam gedung tidak baik akan berbahaya pada pernafasan orang – orang yang berada dalam gedung tersebut.
Instalasi Listrik
Dari semua bentuk sistem mekanikal elektrikal yang disebutkan di atas, membutuhkan listrik yang menjadi daya untuk mengaktifkan segala fasilitas yang ada. Mulai dari pemasangan daya cadangan pada saat mati lampu, sampai pengaturan masing sistem yang membutuhkan beberapa watt untuk menjalankan semuanya. .
Kapan Waktu yang Tepat Untuk Menerapkan Sistem Mekanikal Elektrikal?

Sebelum bangunan publik dibuat, pasti sudah ada rancangan untuk membuat seperti apa bentuk yang akan dibangun, dengan segala desain itu akan membantu menempatkan posisi sistem mekanikal elektrikal yang cocok digunakan pada saat pembangunan. Idealnya, pada saat mendesain suatu bangunan memerlukan tiga poin penting untuk diingat, yaitu konstruksi, struktur bangunan dan sistem mekanikal elektrikal. Namun, tidak ada masalah apabila suatu bangunan ingin menambahkan sistem mekanikal elektrikal lainnya untuk bangunan yang sudah ada.

Predefined Skins

Primary Color

Background Color

Example Patterns

demo demo demo demo demo demo demo demo demo demo