Tips Menekan Anggaran Renovasi Rumah Sederhana

Anda punya rencana renovasi rumah sederhana? Hal pertama yang pasti menjadi pertimbangan adalah budget. Pastikan anda membuat rencana pengeluaran yang matang karena mengingat biaya tukang dan harga material yang terus melambung naik. Agar budget sesuai kebutuhan, berikut ini akan diberikan sedikit tips menekan biaya renovasi rumah yang sederhana. Diharapkan ulasan ini dapat membantu anda meminimalisir pembengkakan biaya namun tetap mengmaksimalkan hasil renovasi.

Membuat skala prioritas proses renovasi

Menampung berbagai saran dan mewujudkan keinginan pribadi dalam proses pembangunan akan sedikit beresiko terhadap bengkaknya budget yang akan dikeluarkan. Oleh karenanya, buatlah skala prioritas saat akan melakukan renovasi. Seperti contoh adanya penambahan kamar tidur, penggantian keramik, reparasi atap, dll tidak menggeser posisi desain awal yang telah ditentukan. Adanya skala prioritas akan membuat pengerjaan lebih terstruktur dan terhindar dari segala godaan di tengah perbaikan. Yang terpenting, budget yang dikeluarkan juga menjadi lebih efisien.

Memperhitungkan budget jasa tukang

Terdapat 2 metode pembayaran jasa tukang yang harus diperhitungkan dalam menentukan estimasi renovasi, yakni pembayaran harian dan pembayaran borongan. Terkait penentuan ini anda bisa menyesuaikannya dengan skala proyek renovasi. Untuk kategori hunian sederhana, pembayaran harian dinilai lebih efisien dibandingkan borongan. Tetapi bila renovasi tergolong besar, ada baiknya anda memilih sistem borongan mengingat biaya renovasi yang telah pasti dan anda sebagai pemilik hunian juga tak akan ditagih budget tambahan meski terjadi kendala proyek yang diakibatkan berbagai faktor. Namun yang harus penting diketahui adalah biaya renovasi ini hanya berfokus pada persoalan jasa tukang, tidak termasuk dalam biaya material.

Mencari sistem praktis dengan borongan penuh

Bila gambaran budget renovasi rumah dua sebelumnya hanya diperuntukkan dalam pembayaran jasa tukang, anda masih memiliki opsi lain dengan adanya sistem borongan penuh yang mencakup material dan jasa tukang. Bagi anda yang ingin simpel namun masih punya banyak tabungan budget, opsi ini juga bisa menjadi pilihan karena tak perlu repot mencari material bangunan yang baik. Bila tertarik, pastikan anda memilih penyedia sistem borongan penuh yang kredibel, terpercaya, bergaransi, dan tentunya bisa menawarkan beragam material dengan kualitas terbaik.

Estimasikan untuk renovasi jangka panjang

Salah satu pertimbangan estimasi renovasi jangka panjang adalah pemilihan barang premium untuk penggunaan waktu yang lama. Karenanya, saat membuat RAB renovasi rumah sederhana pastikan untuk menggunakan material kualitas terbaik. Meski harganya sedikit mahal namun ketahanannya terbukti awet. Hal ini juga bisa di korelasikan dengan desain sederhana seperti apa yang akan anda berikan pada rumah tersebut.

Manfaatkan material bekas yang masih layak pakai

Untuk menekan biaya pengeluaran, anda bisa memanfaatkan material bekas sisa perbaikan yang masih layak pakai. Begitu pun dengan material rumah lama seperti daun pintu, kaca, genteng, atau kusen yang masih dalam kondisi bagus tak ada salahnya untuk dimanfaatkan kembali guna menekan biaya perbaikan. Anda bisa memoles ulang bahan-bahan tersebut hingga terlihat baru dan sesuai dengan konsep sederhana hunian yang diinginkan. Ada pun untuk dekorasi bisa lebih dihemat dengan melakukan proyek do it yourself menggunakan barang yang sudah ada.

Cermat dan teliti terhadap detail pengeluaran

Saat menghitung anggaran satuan setiap pengerjaan, anda dituntut teliti dalam menyusun semua komponen yang dibutuhkan. Mulai dari tahap awal, penentuan material dan kontraktor yang akan dipilih, hingga sentuhan akhir dengan diskusi bersama tukang. Dalam menyusun Rancangan Anggaran Biaya renovasi, pastikan untuk membuat piramida prioritas material utama yang akan dibeli. Mengingat adanya keperluan sekunder dan tersier yang juga tak bisa dilewatkan. Setelah menentukan biaya renovasi secara keseluruhan, pastikan anda fokus pada rencana prioritas dan tidak mudah tergiur pada sesuatu yang baru yang sewaktu-waktu muncul selama proses pengerjaan.

Tips menyusun biaya renovasi rumah sederhana seperti di atas bisa anda temukan lebih lanjut pada jasa 123. Di sana anda bisa menemukan berbagai ulasan lengkap tentang segala hal terkait renovasi hunian yang idaman. Semoga bermanfaar dan terimakasih.