BekasiJakartaJasa RenovasiJasa Renovasi RumahRenovasiRenovasi Rumah

10 Tips Renovasi Rumah di Tahun 2020

10 Tips Renovasi Rumah di Tahun 2020

Renovasi Rumah adalah sebuah kegiatan rutin yang dilakukan oleh setiap keluarga yang memiliki Rumah, untuk selalu merawat, memelihara agar konndisi rumah tetap terawat dengan baik. Untuk mengerjakan pekerjaan renovasi rumah, tidak semuanya bisa menjalankan dengan lancar dan cepat, berikut ini ada 10 Tips Renovasi Rumah yang bisa diaplikasikan untuk memudahkan pekerjaan tersebut :

1.Persiapkan Anggaran Biaya Renovasi
Anggaran biaya renovasi sebaiknya sudah mendapatkan pos tersendiri, diamankan dahulu dari potensi digunakan untuk kebutuhan lain. Sehingga dana tersebut memang benar – benar untuk proyek renovasi rumah.

Hal ini penting sekali, untuk menghindari gagal kerja, justru sebagian keluarga akan menambahkan sekitar 10 – 20 % darin biaya renovasi jika nanti di tengah pekerjaan terjadi perubahan desain / pergantian material bangunan untuk finishing.

2.Cari Jasa Renovasi Yang Tepat
Carilah Jasa Renovasi Rumah yang dapat diajak untuk sharing, konsultasi dalam hal renovasi rumah. Jasa renovasi rumah yang dapat memberikan ide / saran / gagasan yang baik dalam segala aspek seperti soal desain, pemilihan material bangunan, penghitungan anggaran biaya dan ide – ide brilliant dalam pelaksanaan proyek renovasi rumah.

Seiring dengan perkembangan teknnologi dan kemajuan zaman, cara merenovasi rumah, perlakukan metode kerjanyapun akan terus berkembang. Bahkan bisa melakukan penghematan dana yang cukup signifikan.

3.Lakukan Riset / Cari Ide
Biasanya selama merencanakan untuk renovasi rumah, sudah mulai mencari ide / mengambil contoh desain rumah / model rumah yang di dambakan. Contoh desaiin rumah yang banyak ditemukan di media online misalnya, atau model rumah yang sudah dibangun di suatu kawasan cluster / rumah pribadi di suatu daerah, hal itu bisa jadi langkah awal untuk mendapatkan desain rumah yang di dambakan. Nanti dibantu oleh arsitek desain untuk desain rumah yang persis seperti idaman anda. Dengan ikut berberan dalam pencarian ide, akan menambah rasa sayang dan betah untuk tinggal di rumah.

4.Buat Skala Prioritas
Memiliki skala prioritas , mengelompokkan pekerjaan renovasi rumah menjadi beberapa bagian seperti : sangat penting , penting dan tidak mendesak. Dengan memilah pekerjaan dengan skala prioritas akan memudahkan pekerjaan renovasi rumah berjalan dengan baik, karena selalu akan selaras dengan budget anggaran yang disiapkan. Misalnya :

a. Sangat Penting : Pekerjaan Atap Rumah sudah bocor, lapuk dan berpotensi roboh. Maka renovasi atap rumah dengan mengganti genteng, pakai atap baja ringan dan pafon yang tepat , merupakan pekerjaan yang masuk di kategori ini.

b. Penting : Menambah ruangan kamar dengan meningkat rumah, membuat dak jemuran, membuat area keluarga, ruang dapur.

c. Tidak mendesak : Misalnya membuat kitchen set baru agar suasana di kitchen semakin menarik dan rapi.

5.Desain Rumah
Pilihlah desain rumah yang menurut anda menarik , desain idaman dan terbayangkan suasana nantinya jika sudah jadi, tanpa terpengaruh hal yang yang tidak mengutungkan. Perhatikan juga hal manfaat / fungsinya , kemudahan perawatan dan tentunya sesuai anggaran / budget.

Desain – desain rumah modern , minimalis banyak sekali di pilih saat ini karena memang desain rumah seperti ini mengutamakan fungsi , manfaat dan kemudahaan perawatan. Jika luas tanah dan kebutuhan ruangan sesuai / proporsional, akan bisa di desain secara modern, mewah dan menarik.

6.Gunakan Bahan Bangunan Berkualitas
Memilih material bangunan yang berkualitas, biasanya jasa renovasi rumah yang diajak berkonsultasi akan membantu memilihkan material bangunan yang berkualitas dan sesuai dengan desai rumah / budget anggaran.

Dalam perencanaan renovasi rumah, pemilihan material bangunan juga perlu memperhatikan beberapa alternatif berikut ini, agar nantinya tidak terjadi pemborosan atau lebih bijak untuk mengambil keputusan di situasi saat ini. Pikirkan hal dibawah ini :

a.Material Lama
Jika memungkinkan untuk menggunakan material bangunan lama, lebih baik dipakai, misalnya material jendela , pintu masih bagus. Atau ada bagian lain di rumah tersebut yang bisa dipakai kembali.

b.Material Baru
Pilihlah material bangunan di pasaran yang mutu, kualitasnya bagus tanpa harus melihat mereknya harus no.1 atau paling mahal. Sekarang banyak sekali merek, produk sejenis dan kualitasnya juga tidak jauh berbeda.

c.Material Diskon
Beli material banguna yang lagi promo / diskon , hal ini sangat manjur dalam mensiasati budget anggaran yang terbatas. Material bangunan yang sedang diskon / promo bukan berarti jelek , itu biasanya pihak Toko atau Pabrik melakukan diskon dikarena produksi tahun kemarin atau ada yang akan keluar produk baru.  Beli sesuai kebutuhan, lalu simpan di tempat yang tepat. Material bangunan yang penting seperti : Keramik Lantai , Marmer , Granit.

d.Material Bekas
Beli material bekas ? memang bagus ? dijamin bagus, yang penting pintar memilihnya ,  dan tahu lokasi – lokasi menjual material bekas yang bagus. Misalnya produk Toilet bekas Hotel , biasanya kualitasnya bagus,  malah merek toilet ternama dengan harga miring.

Kalau sudah terpasang dan rapi, juga tidak keliahatan produk tersebut produk baru atau bekas dari renovasi hotel.

7.Bersikap Realistis
Bersikap realistis , tanpa memaksakan untuk memakai produk merek X misalnya , yang harganya diluar jangkauan dari anggaran biaya, atau akan menggerus di pembiayaan hal lain.  Atau dalam hal pekerjaan renovasi rumah jika tidak memungkinkan untuk renovasi total, maka bisa dilakukan secara bertahap.

8.Minim Perubahan
Agar pekerjaan renovasi rumah berjalan lancar , usahakan tidak melakukan perubahan di tengah proyek berlangsung, baik itu perubahan bentuk / model dan penggunakan material bangunan, karena jika tidak dikelola dengan baik, hal ini akan berpotensi untuk molor / jadwal renovasi menjadi panjang.

9.Tepat Waktu Pembayaran
Melakukan tepat pembayaran sesuai kontrak , agar ketersedian material bangunan dan tenaga yang berkerja berjalan dengan baik.

10.Garansi Perawatan
Memperhatikan garansi perawatan dari jasa renovasi rumah yang mengerjakan proyek tersebut, sehingga kenyamaman dan ekspektasi akhir terpenuhi.

Demikian 10 Tips Renovasi Rumah dari Renovasi 123,  semoga bermanfaat, jika membutuhkan informasi terbaru seputar renovasi rumah bisa menghubungi kami.

 

Kontraktor mekanikal elektrikal plumbing ( MEP ), HVAC, MVAC, Fire Fighting. Pengadaan, Pemasangan, Maintenance Trafo, Kubikel, Pembuatan Panel Listrik, Jasa Pasang / Tambah Daya Listrik 20 KV – UP ( Jaringan Tegangan Menengah / JTM ). Pekerjaan MEP bersama rajatrafo.com