Warna Cat Rumah

Bapak / Ibu yang kami Hormati, untuk membahas tentang warna cat rumah anda, perlu dipahami hal penting berikut ini :

Warna Cat sangat banyak sekali, mulai dari warna inti sampai kombinasi warna yang menghasilkan ratusan pilihan,  Pabrik Cat sukanya memproduksi berbagai pilihan warna, kombinasi, corak, kode banyak sekali,  apalagi namanya merek cat di pasaran begitu banyak, mulai dari kelas premium , sedang sampai ekonomis.

Daripada pusing, dibikin mudah saja. Berikut ini cara bijaksana dalam menentukan warna cat rumah :

1. Suka Warna Apa ?
Nah, dari kesukaaan warna tersebut nanti dijadikan warna pilihan untuk cat rumah anda, karena Rumahmu adalah Surgamu, jadi ketika warna catnya sama dengan apa yang kita sukai, maka akan semakin betah di rumah.

2. Konsep Rumah
Konsep Rumah yang akan dibangun / renovasi mengambil konsep apa ? Minimalis, Modern, Klasik , Tradisional, Eco Friendly atau yang lain. Dari konsep rumah ini akan terplilih turunan warna inti dengan berbagai kombinasi warna / variasi warna untuk setiap ruangan sehingga cocok dengan konsep rumahnya.

3. Suasana Rumah
Warna cat rumah bisa menampakkan kesan yang ingin di tonjolkan dalam Rumah tersebut, setiap ruangan atau keseluruhan cat rumah bisa diatur / ditata sesua i suasana yang akan dibangun, misalnya : berkesan bersih, rapi, ceria, mewah, simpel, atau elegan, tentu memiliki warna masing-masing yang sesuai.

Contoh Berkesan Ceria      : Warna Putih, Kuning, Orange, Ungu, Biru Muda
Contoh Berkesan Elegan   : Putih, Silver, Navy, Biru
Contoh Berkesan Tenang  :  Coklat, Krem, Coklat, Hijau

4.Buat Palet Warna
Diskusikan dengan Arsitek / Pelaksana Proyek untuk memilih warna – warna kombinasinya,  bisa melihat di Palet Warna sehingga banyak pilihan yang dapat di aplikasikan sesuai selera. Kemudian finishingnya bisa dipilih mau Glossy, Matte atau Satin.

5.Cahaya Matahari
Perhatikan juga saat pengaplikasian Warna Cat Rumah terutama pencahaayaan disaat Pagi, Siang, Malam Hari. Sehingga semua komponen terasa pas seperti selaras dengan Lampu , Firnuture ruangan yang nanti menghasilkan perpaduan yang menarik.

Jenis bohlam lampu yang akan terpasang, apakah warna putih atau kekuningan , efek dari sinar lampu juga akan memberi efek menarik jika pemilihan warna cat rumahnya tepat.

Misalnya warna bohlam kekuningan, akan memberikan efek jelas pada dinding yang berwarna kuning, merah, coklat. Tetapi menutup untuk warna biru dan hijau. Sementara jika pakai bohlam warna putih akan menguatkan warna biru, hijau.

7.Dekorasi Ruangan
Sebelum melakukan pengecatan , pikirkan juga dekorasi apa yang akan ditaruh di ruangan tersebut ? Bentuk, warna, serta lokasi peletakan benda-benda tersebut merupakan unsur yang harus diperhatikan agar antara dekorasi dan warna dinding lebih serasi.

8.Beda Warna di Tiap Ruangan
Dalam 1 rumah terdiri banyak ruangan , dan bisa di cat dengan berbagai warna, disesuaikan dengan fungsi dan letaknya. Misalnya :

Warna Hijau Muda, Biru Muda untuk Ruangan Tempat Tidur agar suasanannya tenang dan nyaman untuk instirahat.

Warna Oranye , Ungu untuk Dapur misalnya biar acara masaknya menyenangkan.

Warna dari tiap ruangan harus serasi antar satu ruangan dengan ruangan lainnya. Keserasian tersebut bisa didapat dari warna furnitur, dekorasi seperti lukisan dan karpet, serta pencahayaan yang tepat.

9.Bermain dengan Finishing Cat
Finishing matte adalah jenis yang paling umum digunakan. Dengan finishing tersebut, tampilan cat pada ruangan akan polos dan merata.

Finishing glossy akan membuat dinding terlihat licin dan memantulkan cahaya. Teknik pengecatan ini akan membuat dinding mudah dibersihkan jika terkena kotoran.

Finishing satin akan seperti bahan satin yang mengkilap dan licin, namun tidak selicin glossy.

10.Menggunakan Cat Monokrom
Jika tidak mau repot, ambil saja cat berwarna monokrom atau satu shade warna seperti hitam, putih, atau abu-abu. Warna tersebut merupakan warna yang netral dan aman digunakan untuk semua konsep rumah.

Demikian tips mudahnya, semoga bermanfaat.

 

Kontraktor mekanikal elektrikal plumbing ( MEP ), HVAC, MVAC, Fire Fighting. Pengadaan, Pemasangan, Maintenance Trafo, Kubikel, Pembuatan Panel Listrik, Jasa Pasang / Tambah Daya Listrik 20 KV – UP ( Jaringan Tegangan Menengah / JTM ). Pekerjaan MEP bersama rajatrafo.com